Sosialisasi Proses Pengembangan Produk Baru
06 Oct 2016
Tahukah Anda, bagaimana proses munculnya sebuah produk baru?
Mungkin hal ini tidak pernah terlintas di benak Anda sebelumnya.
Ternyata, pembuatan sebuah produk baru di PT Tiga Pilar Sejahtera Food,
Tbk (TPSF) merupakan proses panjang yang tidak sederhana dan memerlukan
kerja sama dari berbagai pihak, bukan hanya dari Divisi Marketing.
Proses pengembangan produk baru ini dikupas dan menjadi pokok bahasan pada acara Sosialisasi/ Training Proses New Product Development (NPD), 5 Agustus 2016 lalu, di House of Rice, Patra Kuningan. Acara ini merupakan inisiatif Divisi Marketing yang dieksekusi bersama Divisi Sales. Tujuannya, meningkatkan kesadaran bahwa proses pengembangan produk baru merupakan proses yang memerlukan keterlibatan banyak pihak. Adapun trainer pada acara tersebut adalah Bapak Chris Oey selaku Marketing Director. Sekitar 30-40 peserta dari Divisi Marketing, Sales, dan Purchasing menghadiri pelatihan ini.
Training NPD terdiri dari dua bagian utama, yaitu training tentang proses NPD itu sendiri dan workshop yang terdiri dari beberapa diskusi dan studi kasus. Acara yang dimulai pukul 08.00 hingga 17.00 tersebut berlangsung cukup intens dan seru bagi para peserta, terutama pada bagian workshop yang dimulai pukul 14.00.
Ada dua kegiatan yang dilaksanakan pada bagian workshop. Yang pertama, diskusi dan simulasi pembuatan rencana kerja/ timeline langkah-langkah yang diperlukan untuk mengembangkan produk baru. Kegiatan selanjutnya adalah tahap pengembangan ide produk yang ingin dikembangkan. Diskusi workshop dilaksanaan per kelompok, dimana terdapat empat kelompok dengan anggota dari divisi-divisi yang berbeda.
Pada kegiatan workshop pertama, para peserta dapat melihat langkah-langkah yang perlu dilalui dan diperhatikan dalam mengembangkan suatu produk baru. Memang diperlukan kerja sama yang kuat antar banyak departemen, sehingga pada akhirnya produk dapat diluncurkan dengan baik.
Pada kegiatan kedua, para peserta mengeluarkan sisi kreatif mereka sehingga muncul berbagai ide inovasi produk baru. Dari kegiatan ini dapat dilihat bahwa ada banyak ide bagus dan hasil baik yang bisa diperoleh bila lebih banyak orang dengan berbagai sudut pandang yang terlibat. Hasil diskusi ini disimpan dan dijadikan bahan masukan/ pertimbangan oleh Ranting 1 untuk mengembangkan produk baru di masa yang akan datang.
Para peserta mengaku menikmati acara tersebut. Salah satu sesi yang paling berkesan, menurut peserta, adalah studi kasus yang dibawakan oleh Pak Chris pada saat workshop. Para peserta berharap training seperti ini dapat diadakan kembali dengan waktu yang lebih panjang, sehingga penyerapan ilmu dapat lebih efektif, serta dapat melibatkan lebih banyak trainer yang andal dari jajaran pimpinan Marketing maupun Sales. (DiV)
sosialisasi.
Proses pengembangan produk baru ini dikupas dan menjadi pokok bahasan pada acara Sosialisasi/ Training Proses New Product Development (NPD), 5 Agustus 2016 lalu, di House of Rice, Patra Kuningan. Acara ini merupakan inisiatif Divisi Marketing yang dieksekusi bersama Divisi Sales. Tujuannya, meningkatkan kesadaran bahwa proses pengembangan produk baru merupakan proses yang memerlukan keterlibatan banyak pihak. Adapun trainer pada acara tersebut adalah Bapak Chris Oey selaku Marketing Director. Sekitar 30-40 peserta dari Divisi Marketing, Sales, dan Purchasing menghadiri pelatihan ini.
Training NPD terdiri dari dua bagian utama, yaitu training tentang proses NPD itu sendiri dan workshop yang terdiri dari beberapa diskusi dan studi kasus. Acara yang dimulai pukul 08.00 hingga 17.00 tersebut berlangsung cukup intens dan seru bagi para peserta, terutama pada bagian workshop yang dimulai pukul 14.00.
Ada dua kegiatan yang dilaksanakan pada bagian workshop. Yang pertama, diskusi dan simulasi pembuatan rencana kerja/ timeline langkah-langkah yang diperlukan untuk mengembangkan produk baru. Kegiatan selanjutnya adalah tahap pengembangan ide produk yang ingin dikembangkan. Diskusi workshop dilaksanaan per kelompok, dimana terdapat empat kelompok dengan anggota dari divisi-divisi yang berbeda.
Pada kegiatan workshop pertama, para peserta dapat melihat langkah-langkah yang perlu dilalui dan diperhatikan dalam mengembangkan suatu produk baru. Memang diperlukan kerja sama yang kuat antar banyak departemen, sehingga pada akhirnya produk dapat diluncurkan dengan baik.
Pada kegiatan kedua, para peserta mengeluarkan sisi kreatif mereka sehingga muncul berbagai ide inovasi produk baru. Dari kegiatan ini dapat dilihat bahwa ada banyak ide bagus dan hasil baik yang bisa diperoleh bila lebih banyak orang dengan berbagai sudut pandang yang terlibat. Hasil diskusi ini disimpan dan dijadikan bahan masukan/ pertimbangan oleh Ranting 1 untuk mengembangkan produk baru di masa yang akan datang.
Para peserta mengaku menikmati acara tersebut. Salah satu sesi yang paling berkesan, menurut peserta, adalah studi kasus yang dibawakan oleh Pak Chris pada saat workshop. Para peserta berharap training seperti ini dapat diadakan kembali dengan waktu yang lebih panjang, sehingga penyerapan ilmu dapat lebih efektif, serta dapat melibatkan lebih banyak trainer yang andal dari jajaran pimpinan Marketing maupun Sales. (DiV)
sosialisasi.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar